Tuesday, July 12, 2011

Samba Server

Samba karena software ini adalah software yang paling fleksibel atau kompetible dengan segala macam sistem operasi baik itu windows keluarga linux, solaris, max os, bsd, dsb.
Dan disini saya juga sudah mempraktekkannya di dalam laptop saya, jadi sekarang kalo saya mau pindah pindah data dari win ke linux maupun sebaliknya tak susah susah lagi. tinggal yang make windows ketik ip saya dan folder samba saya bisa langsung masuk. tinggal copi saja disana. dan sebaliknya. mereka yang ingin mengkopi file dari saya tinggal ambil aja di folder samba tersebut. berikut cara mulai dari install sampai konfigurasi..
untuk data center sendiri dapat di pahami disini http://id.wikipedia.org/wiki/Pusat_data untuk bahasa indonesia. disini http://en.wikipedia.org/wiki/Data_center untuk bahasa inggris.
pertama install dulu menggunakan apt-get install
apt-get install samba samba-common samba-doc libcupsys2-gnutls10 libkrb53 winbind smbclient
lalu melakukkan kofigurasi di /etc/samba/smb.conf dengan melakukan sedikit perubahan.
Sebelumnya kita membuat sebuah direktori sebagai tempat data-center di dalam root diluar home.
mkdir /tempatShare
lalu konfigurasi samba.
gedit /etc/samba/smb.conf
di bagian paling akhir ada tulisan dibawah ini dan silahkan di rubah sesuai kebutuhan.
[share]
comment = Samba server’s share
read only = no
locking = no
path = /tempatShare
guest ok = yes

No comments:

Post a Comment